TC Peduli Ceremay 2014

10372986_848340101860917_6732993591488190539_o

                                                                        Peduli Ciremai III

 

                                Di tahun 2014 ini trashbag community tidak mengadakan event opsih, melainkan menjalankan program kerja yang sudah direncanakan di tahun 2013 yaitu Edukasi ke sispala-sispala/ke pendaki pemula, dengan mengadakan kopdar-kopdar di beberapa kota-kota yang telah tumbuh banyak pendaki.

                                Dan, di awal tahun 2014, TC Pusat mendapat info dari KPGK (Komunitas Pecinta Gunung Kuningan) yang akan mengadakan event opsih tahun-an mereka yaitu “pendakian bersama peduli ciremai III” via linggarjati, acara tersebut diadakan pada tanggal 25-27 mei 2014, dengan adanya event tersebut,  TC Pusat mengajukan atau mensupport untuk 2 jalur lainnya yaitu, jalur palutungan dan jalur Apuy (majalengka) dan jika sikon memungkinkan, agar gunung ciremai terlihat bersih disetiap jalurnya, & kebetulan juga ada pengurus TC pusat yang berasal dari 2 kota tersebut. dan akhirnya dari pihak KPGK sebagai penyelenggara  event menyetujuinya. Alhamdulillah….J

                                Dan kami-pun harus berangkat tgl 24 pagi, biar tidak kena macet seiring adanya perbaikan jalan di daerah pantura antara subang-indramayu. Kami pun berangkat jam 5 pagi dari terminal pasar minggu, dan Alhamdulillah perjalanan kita lancar, sampai di kuningan-pun siang ba’da dzuhur  engga trlalu kena macet-macet banget. J

                                Setiba ditempat, Kamipun langsung menghubungi panitia, kakek sang petualang (a.k.a) bapak suparta hehee.. selaku penanggung jawab event. Dan, panitia-pun menjemput kami. sampai di basecamp KPGK kami-pun istirahat, untuk menghilangkan rasa penat sewaktu diperjalanan. Malam harinya Korlap untuk jalur Apuy mendapat kabar dari korlap jalur palutungan, bahwa beliau belum bisa support untuk event tahun ini, dikarenakan ada urusan keluarga yang sangat penting. Karna, sikon yang tidak memungkinkan, untuk event tahun ini TC baru bisa mensupport 1 jalur selain jalur linggarjati yaitu jalur Apuy.

                                Sampai pagi harinya peserta terus berdatangan dari berbagai kota. & Seremonial diadakan jam 9 pagi di depan pos pendakian gn.ciremai jalur linggarjati, dan dibuka langsung oleh Ketua Balai Taman Nasional Gunung Ciremai.  Sekaligus, penandatanganan petisi yang menyatakan bahwa, “DENGAN INI SAYA MENYATAKAN BAHWA GUNUNG BUKAN TEMPAT SAMPAH” yang di awali oleh beliau. Acara seremonial ini berjalan lancar & ramai dengan adanya banyak peserta dari berbagai kota.

                                Seremonial selesai jam 10, peserta untuk jalur linggarjati di lepas  kealam bebas sampai jam 1 siang. Kemudian,  untuk peserta jalur Apuy dengan diantar kendaraan dari Polhut & pihak penyelenggara. 2 jam perjalanan menuju Apuy (Majalengka), sampai di Apuy jam 3:30WIB. & kebetulan kita dibantu juga dari tim unit regional TC (URTC) cilacap. & ada tim “advance” yang kebetulan anggota TC dari Majalengka sudah mendaki pagi hari, dengan beranggotakan 2 personel.

                           untitled Sikon yg tidak memungkinkan karna waktu-pun sudah sore, Tim korlap memutuskan untuk mendaki esok hari-nya, & bermalam di pos 1 atau sering kita sebut buper berod.

Malam harinya setelah shalat isya & makan, (kebetulan yg masak ketua tc pusat hahahaa… & di bantu srikandi2 sampah J ) semua peserta  berkumpul, kami melakukan diskusi ringan & pengarahan atau edukasi  dari ketua umum TC, kebetulan ketum lagi demen-demennya mendaki ke ciremai J , jadi beliau nyempil di tim korlap.

                               ceremai 2 Keesokan harinya kami-pun mendaki dengan 20 personil, & tim “advance” ke-2 dengan anggota 5 orang berangkat jam 8 pagi & di leader’I oleh Rage (ketum TC) dengan membawa semua tenda kami, untuk mendirikan tenda terlebih dulu di pos-5 titik camp kami.

Kemudian peserta berangkat jam 9 pagi dengan leader abde ketua korlap Apuy. Abde sbgai Ketua korlap sudah berpesan ke tim “advance” 1 & 2, untuk menjemput & membantu peserta  jika sampai sore atau jam 4:30WIB peserta belum sampai ke pos-5.

                            10379862_10202752334708635_6823488303816935439_o    Dijalur kami bersenda gurau & menyemangati satu sama lainnya untuk menghilangkan rasa penat karna capek.

Saat istirahat yang kebetulan jam 12 siang peserta-pun tidak lupa untuk melaksanakan kewajibannya sebagai seorang muslim untuk tetap shalat.  Setelah itu, kami melanjutkan perjalanan. & sebagian dari kami akhirnya sampai di pos-4 jam 3:40, istirahat & nyemil. Bersenda gurau seperti biasanya & tetap bersemangat bahkan semakin bersemangat karna 1 pos lagi menuju pos-5 yang sudah berdirinya tenda-tenda kami yang dibawa oleh tim “advance” ke-2.

                                Lagi asyik-asyiknya bersenda gurau di pos-4, tiba2 tim “advance” 1 & 2 dengan 4 personil turun untuk membantu peserta. Yang kebetulan ketua korlap ada beserta tim peserta 1 & hanya 1 pos lagi, beliau langsung mengarahkan agar  tim “advance” turun untuk menjemput tim peserta k-2 & 3 personil turun yang satu personil membantu tim peserta 1.

Selang beberapa menit tim “advance” turun, tim peserta 1 berangkat menuju pos-5, & syukur Alhamdulillah sampai di pos-5  jam 5 sore & langsung diguyur hujan. 2 pesonil  dari tim “advance” yg turun sudah sampai di pos-5 dengan membawa keril peserta, tim peserta ke-2 belum juga sampai di pos-5, terhambat karna hujan. & ketua korlap langsung mengarahkan ke tim “advance” yang belum turun membantu karna menjaga tenda, & 1 personil (dadan) turun dengan membawa raincoat untuk peserta yg kemungkinan tidak memakai raincoat karna kerilnya dibawa oleh tim “advance” yg menjemput utk membantu.

                                Jam 5:30 Dadan sudah kembali ke pos-5, tapi tidak bersama peserta. Dadan menyatakan bahwa dia sudah turun sampai pos-3 setengah tapi gak nemuin peserta, manggil dengan nada khusus sebagai kode-pun tidak ada yg nyaut. Abde sebagai ketua korlap semakin khawatir, lalu dia-pun turun sendirian untuk membantu & dengan membawa raincoat untuk peserta2 lainnya.

Di pertengahan pos 4 menuju pos 5 Abde bertemu dgn 1 personil tim “advance” dgn membawa keril. Abde melanjutkan turun & setelah lewat pos4 bertemu dgn  1 personil tim “advance” & sebagian peserta, kemudian memberikan 1 raincoat krna sudah terlihat basah kuyup & menyuruhnya untuk menunggu peserta lainnya di pos4, karna trek menuju pos5 ada tanjakan licin & membutuhkan weebing sebagai alat bantu, & weebing-nya ada di tim peserta ke 2, abdee-pun turun untuk membantu  peserta ke-2 & bertemu mereka di pos bayanganan tidak jauh diatasnya pos-3.

                                Hujan-pun sudah berhenti, hanya meninggalkan tetesan2 air dari atas pohon. Waktu sudah menunjukan pukul  7:30 malam, Tim peserta ke-2 pun melanjutkan perjalanan & di giring oleh abdee dari belakang… kaya bebek qiqiqiii… J.  & akhirnya sampai juga di pos-5 jam 10 malam. Peserta & korlap yg sudah tiba di pos5 lebih dulu, sudah makan & ada yg sudah istirahat, ada juga yg sedang bercanda, & ada juga yg masak untuk makan malam tim peserta ke-2 , . waktu sudah menunjukan jam 12 malam, semua peserta pada istirahat, Agar esok hari bugar kembali.

                                Jam 4 pagi tim korlap-pun bangun, aurel yg dapat bagian membangunkan peserta. Kata”y lebih enak dibangunin sama cewek hehehee… J. Tapi, abde melihat cuaca sepertinya tidak mendukung untuk ke puncak lalu opsih di goa wallet & dgn membawa sampah dari goa wallet, karna kilatan petir yang tidk terdengar & kabut tebal menutupi langit & pos5. Akhirnya abde sebagai ketua korlap membatalkan rencana ke puncak & opsih di goa walet, untuk menghindari terjadinya hal yg tidak di inginkan.

                               10256644_10202752539353751_1706449296156919357_o Tak ada sunrise, tak ada suara kala pagi datang. Jam 6 pun peserta smuanya bangun & masih bersemangat. Sampai jam 7:30 kabut masih menutupi pos5. Smua peserta diberikan arahan & masukan dari ketua korlap. Peserta diperbolehkan ke puncak dengan catatan tidak boleh ada turun ke goa wallet & opsih, krna akan memakan wktu & tenaga. J

ika dilakukan opsih di goa wallet kita turun akan kemalaman dijalur & pasti mendirikan tenda, Menambah 1 malam lagi. Karna kita gak mau kemalaman & mendirikan tenda lagi, melihat smua peserta besok harus kerja .

                                Peserta-pun ke puncak dgn di dampingi sebagian dari tim korlap & tim URTC cilacap, sedangkan, sebagian lagi dri tim korlap menunggu di pos 5 menunggu tenda & melakukan opsih sekaligus masak utk peserta. Jam 1 peserta sudah turun dari puncak, ishoma lalu narsis dengan sampah yg sudah terbungkus dalm trashbag. Kita mengumpulkan sampah di pos 5 dengan jumlah 8 trashbag.

                       10257315_10202752478432228_1730907795285153016_o   Tanpa menunggu lama, setelah foto bersama kami-pun turun gunung. Dengan arahan dari ketua korlap, opsih di pos-pos bawah  sampah yg terlihatnya saja. di jalur Apuy sendri tidak terlalu kotor, hanya di pos 5 & goa wallet saja yg kotor, yg menjadi camp terakhir para pendaki. & 3 minggu sebelum acara peduli ciremai 3, dari FK3i mengadakan opsih di jalur Apuy. Jadi, tidak trlalu kotor utk jalur Apuy sendiri J.

                             10379786_10202752608795487_2370018658893055879_o   Kami semuanya turun dari pos 5 jam 2 & sampai di pos 1 (buper berod) jam 6 sore, pas banget maghrib heheee… syukur Alhamdulillah kami diberikan keselamatan & kesehatan sampai dibawah. Total sampah yang dibawa turun 9 trashbag, 8 trashbag yg dikumpulkan dari pos 5 & 1 trashbag dari pos4 sampai pos2. Sambil menunggu mobil yang kita sewa, smua peserta melakukan kegiatanya masing2, & ada juga yang berbincang dengan ranger2 yang kebetulan pada malam itu ada di pos 1 (buper berod). Setibanya mobil yg akan mengantar kita ke terminal maja, kamipun berpamitan dengan Ranger2 TNGC, kami berkemas & naik ke mobil pick-up. Sampailah dimaja & kamipun dengan naik mobil kearah rumah masing2. Kekompakan tim sangat berperan penting dalam setiap perjalanan. Kalian hebat…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>