Press Release “SAPU JAGAD 15 GUNUNG SERENTAK”

Banner 100x60 cm Road to SJJakarta, 23 Agustus 2015

Menyikapi permasalahan sampah gunung yang semakin kritis. Kami dari Trashbag Community Komunitas Peduli Sampah Gunung] akan menyelenggarakan kegiatan operasi bersih “SAPU JAGAD 15 GUNUNG SERENTAK” pada tanggal 12 September 2015, dengan tema “Satukan Langkah Untuk Sejuta Aksi”. Gunung – gunung tersebut diantaranya:

  1. Gn. Marapi  (Sumatra Barat)
  2. Gn. Dempo (Pagar Alam, Sumatra Selatan)
  3. Gn. Kerinci  (Kayu Aro, Jambi)
  4. Gn. Gede (Cianjur, Jawa Barat)
  5. Gn. Ciremai (Majalengka, Jawa Barat)
  6. Gn. Cikuray (Garut, Jawa Barat)
  7. Gn. Merbabu (Magelang, Jawa Tengah)
  8. Gn. Sindoro (Temanggung, Jawa Tengah)
  9. Gn. Sumbing (Wonosobo, Jawa Tengah)
  10. Gn. Semeru (Lumajang, Jawa Timur)
  11. Gn. Penanggungan (Mojokerto, Jawa Timur)
  12. Gn. Rinjani (Lombok, NTB)
  13. Gn. Bawang (Bengkayang, Kalimantan Barat)
  14. Gn. Halau – Halau (Kalimantan Selatan)
  15. Gn. Rore Kautimbu (Palu, Sulawesi Tengah)
Sapu Jagad 2012

Sapu Jagad 2012, Gn. Slamet

“SAPU JAGAD 15 GUNUNG SERENTAK” di tahun 2015 ini merupakan Sapu Jagad yang ketiga kalinya diadakan oleh Trashbag Community setelah sebelumnya “Sapu Jagad 2012 Gunung Slamet” dan “Sapu Jagad 5 Gunung Serentak 2013”.

Sapu Jagad 2013 Gn. Seneru

Sapu Jagad 2013 Gn. Semeru

Program bersih sampah gunung atau “Sapu Jagad”  merupakan program tahunan Trashbag Community yang dibuat secara serentak di beberapa gunung di Indonesia sebagai momentum kepada anggota dan penggiat alam bebas serta sebagai pengingat dalam skala yang lebih besar.

Program bersih sampah gunung atau “Sapu Jagad” ini dilakukan diberbagai Gunung di Indonesia baik yang bersamaan maupun reguler. Kami terus mengembangkan kapasitas program kami untuk memiliki dampak yang lebih baik terhadap penggiat alam bebas dengan inovasi dan pendekatan biaya yang efektif serta terjangkau.

Maksud dan tujuan dari kegiatan ini untuk meningkatkan kepedulian serta toleransi manusia dengan alam secara berkelanjutan, menyadarkan terhadap pentingnya kelestarian alam dan konservasi lingkungan sehingga dapat memberikan masa depan Hutan Gunung di Indonesia.

Sasaran dari kegiatan ini akan dihadiri oleh Siswa Pencinta Alam (Pelajar SMA/SMK), Mahasiswa Pencinta Alam, Komunitas Pencinta Alam, dan Masyarakat Umum dengan quota 50 orang di masing – masing gunung, serta bekerja sama dengan Instansi Pemerintahan dan Pengelola Kawasan untuk mensukseskan kegiatan ini.

Untuk pusat kegiatan dan Media Centre dalam acara ini berlokasi di Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, untuk informasi lanjut hubungi: 0812 8655 5525 (Andhika)/ 0812 9717 4099 (Imam).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>